12 Macam Media Tanam Hidroponik yang Mudah Didapatkan Di Sekitar Kita

Kata hidroponik semakin hari akan lebih sering kita dengarkan, karena bercocok tanam menggunakan sitem hidroponik adalah pilihan yang paling tepat. Apalagi kita ketahui bahwa semakin lama lahan untuk bercocok tanam akan semakin habis.

Seperti yang kita ketahui bahwa Hidroponik adalah sistem bercocok tanam tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada nutrisi yang dibutuhkan. maka jangan sampai heran jika semakin hari akan banyak orang yang beralih bercocok tanam dengan sistem hidroponik.

Jika anda berkeinginan untuk bercocok tanam hidroponik alangkah baik nya anda mengetahui dan memahami media-media tanam yang dapat di gunakan untuk bercocok tanam hidroponik.  Jika anda sudah memahaminya maka semua itu akan mempermudah anda untuk menentukan media tanam mana yang akan anda pakai serta yang sesuai dengan isi dompet anda. Media tanam hidroponik juga sangat mudah di dapatkan disekitar kita, bahkan terkadang kita tidak perlu untuk membelinya.

Baca juga: Cara membuat nutrisi hidroponik alami dan buatan sendiri

12 Macam Media Tanam Hidroponik yang Mudah Didapatkan Di Sekitar Kita

1.Gabus

Gabus atau setrofong biasanya menjadi media tanam pilihan terahir yang dapat di gunakan untuk menanam hidroponik. gabus biasanya sering digunakan untukk proses persemian atau adaptasi sebelum tanaman di pindahkan ketempat tanam. Tapi sekarang gabus sering dijadikan campuran media tanam dengan berbentuk sudah di hancurkan atau di gerus.

2.Spons

Spons memiliki berat yang sngat ringan sehingga sering sekali digunakan untuk membuat bunga hias karena spon yang mudah untuk di aplikasikan menjadi apa saja.

Spons ini sangat bagus untuk di jadikan media tanam karena sepons memiliki daya serap air yang tinggi dan sepons juga dapat menyimpan air selama 2minggu

3.Arang Sekam

Arang sekam merupakan media tanam yang sering sekali di gunakan di bandingkan dengan media lain. karena arang sekam merupakan media tanam yang paling bagus dan sangat mudah untuk di dapatkan.

Selain itu arang sekam juga mempunyai banyak kandungan kimiawi yang sangat berguna seperti oksigen, karbonhidrat, silika, serat lemat, protein kasar, kadar air, dan masih bnyak yang lainnnya.

Keuntungan menggunakan arang sekam adalah penggunaan nya jauh lebih efesien karena arang sekam sendiri memiliki bobot yang sangat ringan dan arang sekam sendiri jauh lebih steril dari hama pengganggu karena prosese pembuatannya yang dibakar sehingga banyak penyakit yang mati.

4.RockWool Atau Mineral Wool

Media tanam yang satu ini tidak kalah populer di kalangan petani hidroponik. Rockwool mempunyai kelebihan tersendiri di bandingkan dengan media lain. Kelebihan rokwol terletak pada perbandingan kandungan air dan udara yang terletak di dalamnya.

Rockwool merupakan media yang ramah lingkungan yang terbuat dari batu bara, batu kapur, dan batu basalt yang di panaskan menggunakan api lebih dari 1.500 drajat Celcius hingga meleleh dan di ambil seratnya. media rokcwold mempunyai kandungan ph yang sanga tinggi.

5.Serbuk Serabut Kelapa (Chocopeat)

Serbuk serabut kelapa yang kita ketahui mungkin banyak dijadikan sebagai keset, sapu dan alat rumah tangga yang lainnya. tapi sekarang banyak orang yang menggunakn serabut kepala untuk bercocok tanam.

serabut kelapa masuk kedalam golongan organik yang sangat bagus untuk bercocok tanam hidroponik karena serabut kelapa yang mampu menyerap air hingga 75% lebih banyak. sehingga kegiatan hidroponik akan lebih hemat air karena penyiraman akan jarang di lakukan.

6.Pasir

Pasir merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk bercocoktanam hidroponik karena bobotnya yang berat dan memiliki pori-pori yang sangat kecil sehingga dapat dengan cepat basah dan cepat kering. pasir juga dapat menjadikan tanaman tumbuh tegak lurus tanpa mengurangi sirkulasi oksigen didalam nya.

7.Kerikil

media tanam ini hampir sama dengan pasir yang mempunyai ruang untuk akar supaya dapat tumbuh dengan optimal. kerikil juga dapat membantu predaran unsur hara dan udara tanaman.
selain itu kerikil juga mempunyai kekurangan yang mana kerikil tidaak dapat mnyerap air sehingga anda harus lebih optimal dalam penyiramannya.

8.Serbuk kayu

Selain media yang di atas serbuk kayu juga termasuk kedalam media tanam hidroponik yang bisa kita dapatkan di sekitar kita. serbuk kayu juga sangat bangus untuk di jadikan media tanam karena serbuk kayu masuk keedalam golongan organik.

Serbuk kayu bisa kita dapatkan dari orang-orang yang memotong pohon. sehingga kita bisa lebih menghemat biyaya jika menggunkan serbuk kayu untuk media bercocok tanam. serbuk kayu juga dapat menyerap air dengan optimal.

9.Hydroton

Hydroton adalah salah satu media tanam yang memiliki kandungan ph yang sangat setabil . hydroton terbuat dari bahan dasar lempung yang di panaskan. Hydroton sendiri memiliki bentuk yang bulat serta berpori kecil dan berdiameter antara 1-2,5cm.

Pori-pori yang dimiliki Hydroton sangat baik dalam menyimpan nutrisi yang dibutuhkan untuk makanan tanaman. Bentuk hydroton yang bulat sehingga tidak akan merusak tanaman.

Hydroton juga hampir mirip dengan media arang sekam yang dapat digunakan berulangkali. dengan cara mencucinya setelah digunakan agar lumut yang menempel bisa hilang dan bersih.

10.Perlite

Mungkin sebagian orang ada yang belum mengetahui apa itu perlite?  Perlite adalah jenis bebatuan yang dipanaskan menggunakan suhu panas yang sangat tinggi dan berasal dari jenis batuan silica.

Batuan silica kemudian di panaskan sampai meleleh dan berbentuk cair itu  kemudian di cetak dengan ukuran yang sangat kecil.

 Perlite juga memiliki berat yang sangat ringan dan unsur ph netral atau setabil. jika dilihat dari kriterianya perlite sangat bagus jika digunakan untuk media tanam hidroponik. tapi jika mennginginkan hasil yang lebih baus lagi baiknya perlite tersebut di campur dengan media tanam chocopeat.

11.Vermikulit

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui media tanam hidroponik yang satu ini. padahal vermikulit sendiri juga baik di gunakan untuk tanaman hidroponik.

vermikulit sendiri memiliki persamaan dengan media perlite yaitu sama sama dari dihasilkan dari batuan yang di panaskan sampai meleleh.

vermikulit sendiri memiliki daya serap yang lebih banyak dan lebih berat jika dibandingkan dengan media perlite.  baiknya jika ingin menggunakan vermikulit harus di campur dengan chocopeat agar media tanam lebih maksimal.

12.Hydrogel

Media yang satu ini mungkin agak berbeda dengan yang lain karena memiliki bentuk seperti mainan dan warna yang indah yang sangat cocok jika di letakkan diruang tamu atau di kamar.

Pada dasarnya Hydrogel ini merupakan media hydroponik yang idak tepat jika untuk budidaya. hydrogel ini biasanya di gunakan untuk media tanam jenis bunga.



Nah demikianlah media-media tanam hidroponik yang dapat kita gunakan untuk bercocok tanam. sekarang tergantung anda mau menggunkan media tanam  yang mana yang sesuai dengan badget yang anda miliki.

Baca Juga
Cara membuat lahan hidroponik dari botol 
Cara membuat lahan hidroponik dengan paralon 
Cara menanam kangkung hidroponik agar dapat omset puluhan juta 
Cara menanam cabai hidroponik agar cepat bebuah 
 Keunggulan dan kekurangan tanaman hidroponik 

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "12 Macam Media Tanam Hidroponik yang Mudah Didapatkan Di Sekitar Kita"

  1. Widih kapan-kapan saya harus coba nanem tanaman pake cara hidroponik, kalau kurma ditanam di media apa ya yang cocok?

    FIKBRO.BLOGSPOT.COM

    BalasHapus
  2. harus pak soalnya menanam hidroponik sangat bermanfaat di jaman yang minim lahan.
    kalau kurma di pdang pasir pak . kalau di indonesia memang sudah ada yang menanam nya cuman agak susah untuk budidayakan nya pak.

    BalasHapus
  3. Hello abang.. minat main poker atau domino qq ??

    main di www.maniakqq99.online yuk

    - Bonus New Member 20%
    - Bonus Deposit Rp.5.000,-
    - Bonus Turn Over 0.3%
    - Extra Bonus Bulanan Hingga Rp. 500.000,-
    - Bonus Refferal 10% + 10%

    BalasHapus
  4. terimakasih kak info nya ...
    Jadi tau media tanm yng dapat d gunakan

    BalasHapus