Cara Membuat Lahan Hidroponik Dari Botol Atau Sistem Wick

Botol Bekas- Taukah anda jika botol bekas dapat di gunakan untuk menciptakan penghasilan yang luar biasa? taukah anda jika botol bekas dapat digunakan untuk bercocok tanam? 



Botol bekas terkadang hanya di pandang sebelah mata oleh sebagian orang, bahkan hanya di buang dan di bakar. karena masih belum banyak orang yang tau bagaimana caranya untuk menggunakan botol bekas agar dapat berguna dan bermanfaat.

Botol bekas sebenarnya mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan kita salah satunya untuk lahan bercocok tanam. bercocok tanam menggunakan botol sudaah banyak di gunakan oleh sebagian orang tapi tidak semua orang sudah mengetahui bagaimana caranya membuat lahan bercocok tanam menggunakan botol bekass.

Bercocok tanam menggunakan botol bekas sangat bermanfaat apalagii untuk orang yang tidak mempunyai lahan  bercocok tanam yang luas. Bercocok tanam menggunakan botol atau disebut sistem wick adalah salah satu dari beberapa sistem tanam hidroponik. 


Bagi anda yang belum paham apa itu Hidroponik silahkaan baca dulu pengertian hidroponik. selain sistem wick atau botol tanaman hidroponik juga mempunyai beberapa sistem  yang dapaat kita gunakan untuk bercocok tanam.  salah satunya adalah dengan menggunakan paralon.

baca juga: 
Cara menanam kangkung hidroponik agar omset mencapai 50 juta 
Cara menanam cabai hidroponik 
keunggulan dan kekurangan tanaman hidroponik


Cara Membuat Lahan Hidroponik Dari Botol Atau Sistem Wick

Cara membuat lahan hidroponik menggunakan botol sebenarnya sangatlah simpel dan mudah. hidroponik menggunakan botol juga merupakan sistem yang tidak memerlukan biyaya yang mahal, karena anda dapat menggunakan botol bekas. hidroponik menggunakan botol juga tidak memerlukan tempat yang luas karena bisa kita letakkan dimana saja, bisa di gantung di didnding ataupun di letakkan di emperan rumah.
Ada beberapa tahapan daalam pembuatan hidroponik menggunakan botol:


1.Persiapan Alat Dan Bahan

Langah pertama seperti biasa! siapkan alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu:
  • Gunting atau Curter yang tajam
  • Solder untuk Pembolong
  • Botol pelastik (untuk ukuran besar kecilnya sesuaikan sama tanaman yang akan di tanam)
  • kain planel jika tidak ada bisa menggunakan kain yang agak tebal dan menyerap air
jika semua sudaah terkumpul lanjut ke langkah yang berikutnya

2.Pemotongan Botol

Untuk ukuran pemotongan nya harus benar dan tepat, jangan sampai nanti tidak bisa di pasangkan. Potonglah botol menjadi dua bagian, potong dengan perbandingan 2:1. bagian yang 2 itu untuk potongan botol bagian bawah dan yang 1 itu potongan botol bagian atas.

Usahakan jangan sampai terbalik ya! karena jika terbalik maka botol sudah tidak dapat di gunakan. kenapa bagian bawah botol harus lebih panjang ketimbang bagian atas? karena potongan botol bagian bawah itu gunanya untuk menyimpan air yang berisi nutrisi jadi bagian bawah harus lebih panjang.

3.Pembolongan Botol

Setelah Botol terpotong menjadi dua bagian langkah berikutnya bolongilah potongan botol tersebut mengunakan solder. untuk potongan botol bagian bawah bolongilah bagian atasnya dan bolongi setengahnya saja. Sedangkan untuk potongan botol bagian atas bolongilah di bagian dekat dengan tutup botol. bolongan di botol tersebut gunanya untuk mengaliri oksigen paddaa tumbuhan.

4.Pembolongan Tutup Botol

Langkah selanjutnya bolongi tutup botol tersebut seperti lubang pada celengan. Lubang tersebut gunanya untuk memasukan kain planel. pasang kain planel memanjang kebawah dan keatas. kain planel berfungsi untuk menyerap nutrisi yang kemudian di salurkan ke akar-akar tanaman .

5.Pemasangan Potongan Botol

Setelah semua Langkah-langkah di atas selesai proses selanjutnya pasangkan potongan botol bagian atas dengan terbalik di atas potongan botol bagian bawah. apabila potongan bagian atas terus bergoyang daan tidak setabil robeklah sedikit atas botol bagian bawah. gunanya agar potongan bagian atas dapat terpasang maksimal.

Setelah langkah-langkah tersebut sudah anda lakukan berarti Lahan tanam yang terbuat dari botol sudah siap di gunakan. 
Nah sekang kita dapat memaanfaatkan botol-botol bekas untuk bercocok tanam bukan?  bercocok tanam menggunakan botol sangat mempengaruhi lingkungan loh! karena lingkungan menjadi bersih daari botol bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Membuat Lahan Hidroponik Dari Botol Atau Sistem Wick"

  1. Hello abang.. minat main poker atau domino qq ??

    main di www.maniakqq99.online yuk

    - Bonus New Member 20%
    - Bonus Deposit Rp.5.000,-
    - Bonus Turn Over 0.3%
    - Extra Bonus Bulanan Hingga Rp. 500.000,-
    - Bonus Refferal 10% + 10%

    BalasHapus