Cara Mudah Menanan Cabai Hidroponik Agar Cepat Panen

gambar:cabe merah

Seperti yang kita ketahui bahwa cabe merupakan hal yang wajib ada ketika kita ingin memasak.
apapun jenis masakan nya pasti bumbu yang satu ini tidak pernah ketinggalan, meskipun rasanya yang sangat pedas sampai terkadang bikin jengkel, tapi tetap menjadi perimadona terutama bagi orang-orang pencinta makanan pedas.

Karena sangking banyaknya peminat cabe, terkadang harga cabe yang menjadi sangat mahal seperti harga sebuah daging sehingga kita harus mengeluarkan uang yang lebih banyak hanya untuk membeli 1kg cabe. Mahalnya cabe terkadang di pengaruhi juga oleh panen yang menurun karena terserang hama seperti busuk buah atau patah batang.

Di Zaman sekarang juga sudah berkurang nya petani cabe karena lokasi lahan yang sangat sempit dan tanaman cabe sendiri yang memerlukan perawatan yang ektra luar biasa sehingga banyak petani cabe yang banting setir sehingga berkurangnya pasokan cabe di pasar.

Buat para pencinta pedas anda jangan khawatir akan kehabisan stok cabe karena anda sekarang dapat menanam nya sendiri di rumah meskipun anda tidak memiliki lahan yang cukup luas.

Mungkin anda bertanya tanya kok bisa kita menanam cabe sendri padahal tidak memiliki lahan yang luas? sedangkan menanam cabe kan memerlukan tempat yang luas? karena Sekarang anda dapat menanam cabe dengan sistem hidroponik sehingga anda tidak harus memiliki lahan yang luas yang dapat di tanam di mana saja.
baca juga: pengertian hidroponik dan manfaat nya 
Selain itu ada beberapa cara yang perlu anda ketahui untuk menanam cabe hidroponik agar cepat panen. karena menanam cabai dengan sistem hidroponik juga tidak sama dengan sistem konvensional

Cara Mudah Menanan Cabai Hidroponik Agar Cepat Panen

1.Pemilihan Benih Cabai

Benih cabe yang ingin anda tanam usahan benar-benar yang bagus ya!  pilihlah pohon induk yang bagus yang akan di jadikan turunannya. pilih cabe yang benar-benar sudah tua dan tidak terserang hama dan busuk

jika cabe yang di pilih belum benar-benar tua maka akan banyak yang tidak bisa tumbuh benihnya. Jika anda tidak ingin ribet untuk membuat benih cabai anda dapat membeli benih cabe kualitas unggul seperti benih cabai hibrida di toko pertanian.

2.Penyemaian Benih Cabai

gambar:penyemaian benih
Dalam menanam cabe hidroponik penyemaian benih menjadi hal yang wajib dilakukan gunanya untuk menyeleksi benih mana yang bagus dan yang tidak layak tanam.

Penyemaian bisa di lakukan di polybag dengan campuran tanah, cocopeath, dan arang sekam yang di aduk menjadi satu dengan perbandingan 1:1:1. kemudian benih disebar di atasnya sampai merata lalu tutup tipis menggunakan arang sekam, simpan di tempat yang sejuk dan jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung agar benih cepat tumbuh.

benih biasanya memerlukan 1bulan dari proses penyemaian untuk bisa di pindahkan ke tempat tanam.

Untuk benih buatan sendiri baiknya di rendam dahulu sebelum di semaikan untuk menyeleksi mana benih yang bagus dan tidak. ambillah benih yang tenggelam untuk di semaikan.

3.Tempat Tanam Cabai Hidroponik

Sambil menunggu proses penyemaian baiknya anda siapkan dulu tempat tanam hidroponiknya terlebih dahulu agar ketika benih tumbuh media tanam sudah siap.

Sebelum anda memindahkan ketempat tanam baiknya bibit tersebut di siram air dulu supaya mudah di ambilnya. biarkan di tempat teduh selama 6 hari agar tanaman beradaptasi, setelah itu letakkan di tempat yang memiliki pencahayaan matahari cukup. 
Baca juga :Cara membuat media tanam dari paralon 

4.Perawatan Tanaman Cabai Hidroponik

Setelah proses penanaman selesai jangan lupa lakukanlah perawatan secara teratur dan pemberian nutrisi secara berkala. Berikan nutrisi AB mix khusus buat tanaman hidroponik setelah 4-7 hari dari usia tanam.

Untuk Nutrisi nya anda bisa membelinya di toko pertanian yang menyediakan atau bisa membuat nya sendiri di rumah agar tidak mengeluarkan biyaya banyak
Baca juga: Cara membuat nutrisi hidroponik secara alami dan buatan
Jangan lupa selalu kontrol kandungan nutrisi dan unsur hara yang terkandung, jngan lupa untuk menanami kembali bibit yang mati atau tidak sehat agar pertumbuhan dapat merata.

5.Panen Tanaman Cabai Hidroponik

Panen biasanya dapat dilakukan setelah tanaman berumur  80-90 hari dari penanaman, atau ketika cabai sudah berwarna merah dan menyisakan garis hijau sedikit. Lakukan pemanenan di pagi atau sore hari ketika maahari tidak terlalu panas untuk menjaga kesegaran cabai.

Nah hal-hal berikutlah yang perlu anda perhatikan juga jika anda ingin menanam cabe hidroponik . karena menanam dengan hidroponik berbeda dengan sistem konvensional.
untuk mendapatkan info lebih banyak lagi kunjungi budidayatanaman23.blogspot.com.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mudah Menanan Cabai Hidroponik Agar Cepat Panen"