6 Tahapan Cara Menanam Hidroponik Sederhana Dengan Paralon (Sistem NFT)

Di jaman sekarang sudah sangat susah untuk mencari sayuran yang segar dan sehat, karena sudah berkurangnya unsur Ph pada tanah atau kesuburan yang sudah tidak terjamin lagi gara  gara banyaknya pemakaian obat-obatan pestisida yang di gunakan sehingga mengurangi kandungan nutrisi pada tanah. Selain itu juga sudah banyak berkurangnya petani sayuran gara-gara lahan yang digunakan untuk bercocok tanam yang semakin minim sehingga menjadikan harga-harga sayuran naik tajam.

                 2.cara mencangkok pohon jambu
                 3. cara mencangkok pohon mangga

Pernahkah kamu berfikir ingin menanam sayuran sendiri? Mungkin ada keinginan untuk menanam sayuran sendri tapi tidak mempunyai tempat untuk menanamnya.

Nah sekarang kita tidak perlu bingung lagi jika ingin menanam sayuran sendri karena sekarang ada sistem tanam Hidroponik yang dapat kita gunakan meskipun kita tidak mempunyai lahan yang luas.
Apa sih itu hidroponik? silahkan baca pengertian Hidroponik dan manfa'atnya jika anda masih bertanya-tanya apa itu hidroponik.

Sebelum anda mulai menanam Hidroponik silahkan baca dulu keunggulan dan kekurangannya agar anda lebih semangat lagi untuk menanam dengan Hidroponik.

6 Tahapan Cara Membuat Hidroponik Sederhana Dengan Paralon  (Sistem NFT)


1.Siapkan Alat Dan Bahan

Sebelum kita memulainya hal yang utama adalah kita siapkan bahan-bahan dan alat yang di perlukan terlebih dahulu. paralon berukuran 3inci,bor paralon,sambungan paralon, lem paralon, penutup paralon, gergaji untuk memotong paralon, pompa aquarium, selang, solder, gelas pelastik, benih tanam.

2.Pembuatan lubang pada paralon

Setelah semua alat dan bahan siap lakukan pembuatan lubang pada paralon dengan menggunakan alat bor, beri jarak jangan terlalu dekat kira-kira 20cm agar tanaman dapat berkembang dengan baik dan tidak berhimpitan. Buatlah minimal 2 paralon yang telah di bolongi dan memiliki panjang yang sama, Kumudian tutup salah satu sisi paralon dan sambungkan sisi yang lain dengan penyambung paralon agar air dapat melakukan sirkulasi putaran.

3.Pembolongan Gelas plastik

Bolongilah gelas plastik menggunakan solder yang telah di panaskan. bolongi gelas plastik  sesuai dengan jumlah lubang yang tersedia di pralon dan jangan lupa sisakan 1 lubang di paralon untuk tempat memberi nutrisi berupa cairan pada tumbuhan.

4.Pemilihan Benih

Benih yang di gunakan harus benar benar yang bagus, apabila kita ingin membuat benih sendri kita harus memilih buah yang sudah tua lalu rendam benih kedalam air, kemudian pilihlah benih yang tenggelam dan buang benih yang mengambang karena yang mengambang itu biasanya tidak akan bisa hidup. jika sudah selesai jemur benih yang telah di sortir tadi.

5.Penyemaiaan Benih

Setelah mendapatkan benih yang bagus lalukanlah penyemain. penyemaian ini sangat penting jika kita ingin menggunakan tehnik Hidroponik. Usahakan tempat penyemaain tadi tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung karena nanti benih akan mati. Setelah benih tadi tumbuh pindahkan ke tempatt penanam yang di paralon tadi. Dan isi paralon tadi dengan air tapi jangan sampai terlalu penuh, beri rongga untuk pengaliran air nya.

6.Pemberian Nutrisi

Setelah bibit di tananam di dalam paralon langkah selanjutnya pemberian nutrisi yang di larutkan kedalam air. Nutrisi yang dibutuhkan harus benar benar kita perhatikan agar tanaman bisa tumbuh dengan subur. Biasanya nutrisi merupakan racikan sendiri tapi apabila kita susah untuk meracik komposisinya kita bisa membelinya di toko pertanian.

7.Pemasangan Pompa Aquarium

Pompa aquarium berfungsi untuk mempermudah kita dalam pemberian nutrisi yang di salurkan lewat selang, selain itu juga bisa berfungsi untuk memberikan oksigen didalam air agar oksigen yang dibutuhkan tanaman terpenuhi. selang yang disalurkan dari pompa tadi di masukkan kedalam lubang paralon yang tidak diisi gelas plastik tadi.

Demikian Langkah-Langkah pembuatan sistem hidroponik dengan paralon atau sistem Ntf. jadi jangan khawatir lagi jika kita ingin bercocok tanam sendiri karena mudahnya pembuatan lahan Hidroponik.
Baca juga budidayatanaman23.blogspot.com untuk mendapatkan informasi bermanfaat lain nya

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "6 Tahapan Cara Menanam Hidroponik Sederhana Dengan Paralon (Sistem NFT)"