Perawatan Dan Pemeliharaan Yang Perlu Di Lakukan Dalam Budidaya Tanaman Hidroponik



Agar tanaman yang di budidayakan secara hidroponik tumbuh dan berkembang dengan baik  agar dapat di panen tepat waktu, Tanaman memerlukan pemeliharaan dan perawatan meliputi pemberian penyangga batang tanam, pemangkasan, dan pengontrolan ph dalam nutrisi tanaman, dan lain sebagainya.

1. Pemberian Penopang Batang Tanaman

perlukah penyangga dalam budidaya tanaman hidroponik? jawaban nya adalah perlu.! karena tidak semua tanaman mampu berdiri tegak dengan sendiri. Ada beberapa jenis tanaman yang membutuhkan penyangga agar dapat tumbuh dengan sempurna.

Penopang atau penyangga juga bermanfaat agar tanaman dapat berdiri kokoh, terutama dari hembusan angin yang sangat kencang serta dapat tumbuh tegak lurus dan kuat dalam menopang daun dan buahnya.

Biasanya pemberian penopang atau penyangga ini di lakukan pada tanaman yang masih muda seperti tanaman tomat, cabai, melon, dan terong.

2.Penyiangan Gulma 

Penyiangan gulma sebenarnya sangat penting di lakukan, meski terkadang sangat jarang di hiraukan oleh petani hidroponik karena sitem yang di gunakan tidak langsung menyentuh dengan tanah.

Meski sistem yang digunakan tidak langsung bersentuhan dengan tanah tapi kita harus tetap membersihkan gulma di sekitar nya karena gulma gulma tersebuat dapat memicu kerusakan dan menimbulkan hama tanaman.

3.Pemangkasan Tunas, Cabang, Dan Daun

Beberapa jenis tanaman buah seperti tomat, cabai dan beberapa tanaman hias yang lain nya memerlukan pemangkasan. pemangkasan di lakukan untuk membuang cabang yang tidak di kehendaki, atau cabang yang terserang penyakit

Pemangkasan juga di lakukan pada tunas yang di pucuk tanaman, cabang atau ranting tanaman dan daun untuk mengurangi pertumbuhan vegetatif yang menyerap banyak nutrisi

pemangkasan tunas apikal atau pucuk batang tanaman di lakukan cukup sekali saja yaitu pada saat batang tanaman sudah tumbuh tinggi tetapi belum bercabang.

setelah batang bercabang maka lakukan pemangkasan cabang yang di anggap tidak perlu atau terlalu banyak cabang. sedangkan untuk pemangkasan daun di lakukan pada daun daun yang sudah tua

4.Mengontrol PH Larutan Hidroponik

Dalam budidaya tanaman secara hidroponik, Derajat keasaman (PH) nutrisi harus benar benar kita perhatikan dan rajin di kontrol. Kandungan PH pada nutrisi hidroponik sangat berpengaruh penting dalam pertumbuhan tanaman hidroponik

PH sendiri adalah singkatan dari Potential Hydrogen yang berarti jumlah konsentrasi ion hidrogen (H+) dan Hidroksil (OH-). Ion hidrogen bersifat asam sedangkan hidrosil bersifat basah.  Sedangkan Air murni memiliki kandungan ion hidrogen dan hidrosil yang seimbang.

PH yang ideal untuk tanaman memang berbeda-beda, Namun kandungan PH yang di anjurkan untuk tanaman hidroponik berkisar antara 5,5 - 7,5.

Larutan hidroponik dengan PH di bawah 5,5 atau di atas 7,5 biasanya dapat menimbulkan masalah, seperti munculnya endapan pada larutan nutrisi sehingga nutrisi tidak dapat di distribusikan ke akar tanaman dengan baik.

Cara mengontrol PH dalam larutan nutrisi hidroponik relatif lebih mudah, cukup dengan mencelupkan PH meter kedalam nutrisi tersebut.

Sebenarnya kasus derajat keasaman yang tidak ideal jarang sekali terjadi. biasanya derajat keasaman air yang tidak ideal hanya terjadi bila air brasal dari daerah yang memiliki keasaman air tanah yang tidak ideal seperti kapur, rawa, pasang surut atau tanah gambut.

5.Membersihkan Bak Penampung Larutan Nutrisi

Setidaknya sebulan sekali atau setiapsatu priode tanam, bak penampungan nutrisi perlu di bersihkan agar bebas dari lumut dan kerak endapan. agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Pembersihan bak penampungan nutrisi baiknya di lakukan setelah tanaman selesai di panen, jadi sebelum bak penampung di gunakan lagi, bak sudah benar benar dalam keadaan bersih

6.Membersihkan Filter Penyaringan Air

Filter penyaringan air juga harus di bersihkan secara rutin. bahkan setiap ada kotoran yang menempel harus segera di bersihkan guna untuk menjaga kuwalitas aliran nutrisi agar tetap lancar mengalir dan filter penyaringan tidak mudah rusak.

Baca juga 
Tehnik dan cara penyemaian benih  
Macam-macam buah dan sayur yang dapat di tanam dengan hidroponik

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perawatan Dan Pemeliharaan Yang Perlu Di Lakukan Dalam Budidaya Tanaman Hidroponik"

Posting Komentar