SISTEM IRIGASI TETES PADA TANAMAN HIDROPONIK

Sebelum kita lanjut ke materi hidroponik Sistem irigasi tetes, banyak pertanyaan yang sering kita dengar dari orang orang yang baru ingin belajar hidroponik hidroponik , seperti:
kebaanyakan orang mungkin mengenal sistem hidroponik hanya dengan sebutan hidroponik paralon, hidroponik sumbu, dan hidroponik sederhana.

Maka untuk kali ini saya akan membahas tentang materi irigasi tetes yang mungkin bagi kebanyakan orang masih asing dengan sitem irigasi tetes.
(drip system)

Sistem irigasi tetes/substrat (drip system) merupakan metode hidroponik yang paling awal dikenal oleh masyarkat Indonesia. Dinamakan irigasi tetes karena pemberian larutan air dan nutrisi diberikan dalam bentuk tetesan.

Dalam sistem ini tanaman ditumbuhkan dalam wadah pot atau polibag yang berisi media tanam yang berfungsi sebagai tempat berpijak bagi akar dan penompang batang tanaman agar bisa berdiri tegak sekaligus berfungsi sebagai tempat menyimpan air, nutrisi, dan oksigen sementara.

Sistem tetes menggunakan pengatur waktu (timer) untuk menentukan waktu penyalaan pompa air.
bila pompa air dihidupkan maka air yang mengandung nutrisi akan bergerak melalui pipa-pipa kecil dan selang untuk kemudian menetes sedikit demi sedikit pada setiap tanaman.

Sistem ini lebih hemat air dan distribusi air dapat merata ke setiap titik. cocok untuk sayuran buah seperti tomat, cabai, atau buah seperti melon, dan sebagainya

Beberapa waktu ini juga telah berkembang sistem Fertigasi (fertilizer + drip irigation) yang merupakan hasil modifikasi dari sistem irigasi tetes.

Pada sistem Fertigasi ini kelebihan larutan nutrisi yang mengalir ke setiap tanaman dan menetes melalului lubang-lubang pada media tanam di tampung kedalam bak penampung untuk kemudian di alirkan lagi kepada tanaman.

Sedangkan pada irigasi tetes larutan nutrisi yang berlebih tidak di gunakan untuk pengaliran nutrisi lagi melaikan langsung ke buang keluar.

Baca juga : Macam - macam jenis sistem hidroponik 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "SISTEM IRIGASI TETES PADA TANAMAN HIDROPONIK"

Posting Komentar