Cara Mudah Untuk Mencangkok Pohon Jambu Sampai Berbuah Lebat

Mencangkok-atau okulasi merupakan salah satu cara petani untuk memperbanyak tanaman dengan cara vegetatif buatan. Mencangkok atau okulasi merupakan tehnik yang tepat jika kita ingin menanam di dalam pot atau polibag.

Buah yang di hasilkan dari teknik mencangkok ini akan sama persis dengan induk nya dan pohonnyapun tidak akan tumbuh terlalu tinggi.

Mencangkok sendiri mempunyai beberapa ke unggulan:
-Tanaman lebih cepat berbuah
-Tanaman dan buah yang di hasilkan akan sama persis dengan induknya
-Tanaman tidak akan tumbuh terlalu tinggi tapi buah akan tetap lebat
-Tanaman juga bisa di tanam didalam pot atau polibag

Cara Mudah Untuk Mencangkok Pohon Jambu Sampai Berbuah Lebat

Mencangkok merupakan salah satu teknik yang banyak di gunakan untuk membudidaya tanaman jambu ketimbang dengan teknik tanam biji ataupun stek. karena batang pohon jambu merupakan salah satu jenis batang yang mudah untuk di cangkok, meskipun pohon jambu sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda sepertihalnya pohon jambu air, jambu biji, jambu keristal, dan masih banyak lainnya. Tapi meski demikian semua tipe tanaman jambu bisa di cangkok dengan cara yang sama.


Alat Dan Bahan
  • Pohon jambu yang akan di jadikan induk pembibitan
  • cutter,pisau atau golok yang tajam
  • tanah yang gembur dan pupuk kandang
  • pembungkus dari plastik, sabut,atau ijuk
  • pot atau polybag
  • tali rafia
  • gergaji

Peroses Pencangkokan
  1. Pilihlah dahan (cabang batang) yang bagus dan tua, serta memiliki diameter (garis tengah) kira-kira 2cm. Panjang dahan kira-kira 50-100cm.
  2. Sayat kulit dahan secara melingkar sepanjang 3-5cm (pastikan sayatan berada tepat dibawah pangkal daun). kemudian keratlah(kikis) dahan tersebut dengan ujung pisau. Bersihkan lendir yang masih merekat dengan kain atau kertas bersih.
  3. keringkan bagian dahan yang telah di kupas dengan cara membiarkannya selama 1-2 hari. kemudian bungkus dahan tersebut dengan plasik, ijuk ataupun sabut kelapa. ikat bagian bawah pembungkus kira-kira 6cm di bawah sayatan dahan tadi.
  4. Masukan tanah basah yang di campur dengan pupuk kandang kedalam pembungkus tadi. Kemudian rapikan sampai dahan yang terkelupas tadi rata tertutup tanah. ikat bagian atas pembungkus.
  5. Jagalah tanah pada bagian yang dicangkok agar tetap lembab, lakukanlah penyiraman secara teratur di pagi dan sore hari apalagi jika tidak turun hujan. pada saat menyiram bukalah ikatan bagian atas untuk sementara. Pada saat penyiraman jangan lupa serambi di amati apakah akar sudah mulai tumbuh keluar atau belum. 
  6. Pertumbuhan akar yang sempurna biasanya memerlukan waktu berbulan-bulan. Apabila akar sudah tumbuh sempurna, potonglah dahan tersebut dengan gergaji tepat di bawah pembungkus cangkokan.
  7. Setelah cangkokan itu di potong jangan langsung di tanam di tanah terbuka seperti kebun, alangkah baiknya lakukanlah persemian terlebih dahulu di dalam pot atau polybag.
  8. Isilah polybag dengan campuran tanah gembur dan pupuk kandang. Buatlah lubang pada tanah di dalam polybag tersebut sesuai dengan besar cangkokan yang sudah di potong tadi.
  9. Tanamlah cangkokan kedalam wadah polybag tersebut. Letakkan di tempat yang teduh. setelah 3 bulan cangkokan yang di semaikan tadi bisa di pindah ketempat yang lebih banyak mendapatkan cahaya sinar matahari.
  10. Ahirnya hasil semaian (cangkokan) dapat ditanam di tempat terbuka. Tanamlah cangkokan tersebut bersama tanah semaian nya supaya tidak mati.
  11. Siram tanaman baru itu setiap hari sampai bisa tumbuh subur
Setelah proses penanaman selesai lakukan pemupukan untuk menjaga kadar kesuburan pada tanah secara teratur. Agar buah dan daun tidak rusak bersihkanlah hama hama yang sering mengganggu.
Untuk Mendapatkan info yang lebih banyak lagi silahkan kunjungi
  budidayatanaman23.blogspot.com

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mudah Untuk Mencangkok Pohon Jambu Sampai Berbuah Lebat"

  1. Untungnya di sekolahanku tanaman jambu biji ini, jadi saya sangat mudah mendapatkannya alami langsung petik. Terimakasih postingannya sangat berharga.

    BalasHapus