Cara Jitu Mencangkok Pohon Jeruk Supaya Cepat Berbuah

Mencangkok- adalah cara yang sering di gunakan petani untuk budidaya tanaman supaya bibit yang dihasilkan sama persis dengan induk pembibitannya. Mencangkok sendri adalah proses perkembangbiakan secara vegetatif buatan dengan bantuan manusia, banyak jenis tumbuhan yang bisa di cangkok. jenis tumbuhan yang bisa di cangkok adalah pohon buah-buahan misalnya pohon jeruk. pohon jeruk sendiri merupakan jenis tumbuhan berkayu yang mudah untuk di cangkok.
gambar: jeruk cantik

Cara Jitu Mencangkok Pohon Jeruk Supaya Cepat Berbuah

Cara budidaya pohon jeruk sendiri bisa dengan biji atau dengan batang (cangkok) dengan catatan batang yang akan ditanam sudah berakar. kenapa kebanyakan petani lebih memilih budidaya pohon jeruk dengan cara mencangkok? karena dengan cara mencangkok kita bisa mendapatkan pohon jeruk yang cepat berbuah sehingga kita tidak terlalu lama menunggu pohon untuk berbuah dan buah yang di hasilkan sama dengan induk nya.

Buah jeruk sendri memiliki macam-macam jenisnya- ada jeruk nipis,jeruk Bali, Jeruk santang, Jeruk Purut, Jeruk sunkist, Jeruk Madu, Dan masih banyak lagi jenis-jenis nya. Meskipun jenisnya yang cukup banyak tapi cara mengembangkannya tetap sama, bisa dengan cara mencangkok. karena semua jenis pohon jeruk mempunyai karakteristik yang cenderung sama.

Sebelum kita mulai mencangkok terutama kita siapkan alat dan bahan bahan yang di perlukan terlebih dahulu:
  • pohon jeruk yang akan di jadikan induk pembibitan (uttamakan yang bagus dan berbuah lebat)
  • tanah yang gembur
  • pupuk kandang
  • gergaji
  • pembungkus dari plastik,sabut,atau ijuk
  • pisau aau cutter yang tajam
  • kantong pelastik hitam (polybag)
  • tali rafia
setelah semua yang di butuhkan sudah siap langsung saja kita lakukan proses pencangkokan nya
  1. Pilihlah batang yang yang memiliki garis tengah (diameter) minimal 2cm dan panjang batang berkisar 100cm, utamakan yang tumbuh tegak lurus ya.
  2. kupaslah kulit cabang secara melingkar sepanjang 3-5cm. kulit cabang yang di kupas sebaiknya berada tepat di bawah kucup daun.
  3. keratlah kulit batang dengan ujung pisau. kikislah kambium yang mungkin masih melekat pada bagian kayu. Buanglah lendir yang membasahinya dengan kain yang bersih.
  4. keringkan bagian batang yang telah di kupas dengan membiarkan selama2-5 hari
  5. Bungkuslah batang terkelupas itu dengan plastik,ijuk, atau sabut. Ikatlah bagian bawah lembaran pembungkus kira-kira 6cm di bawah kupasan. masukan tanah basah yang telah di campur pupuk kandang ke dalam pembungkus.
  6. Rapikan sehingga batang yang terkelupas itu tertutup tanah seluruhnya.kemudian ikatlah bagian atas pembungkus.
  7. Jaga tanah pada bagian yang di cangkok agar tetap lembab. siramlah tanah pada pagi dan sore hari terutama jika tidak turun hujan. waktu menyiram tanah tersebut bukalah ikatan bagian atas untuk sementara. 
  8. Amati keadaan batang yang dicangkok pada saat kamu menyiraminya. kapan akar akan mulai tumbuh (muncul). Pertumbuhan akar yang sempurna membutuhkan waktu berbulan-bulan.
  9. Jika akar telah tumbuh sempurna , potonglah batang tersebut dengan gergaji tepat di bawah pembungkus cangkokan. 
  10. Janganlah langsung menanam cangkokan itu pada tanah terbuka, alangkh baik nya di semaikan terlebih dahulu. untuk itu, isilah polybag dengan campuran tanah gembur dan pupuk kandang. Buatlah lubang di tanah yang berada di polybag tersebut kira-kira berdiameter 2cm. 
  11. Tanamlah cangkokan di dalam polybag tersebut . Letakkan di tempat yang agak teduh. Waktu yang di perlukan untuk proses  persemian kira kira 3bulan. 
  12. Setelah itu, hasil semaian (cangkokan) dapat di tanam di tempat terbuka, misalnya di kebun. Tanamlah cangkokan bersama dengan tanah semaian yang di dalam polybag tersebut. Kemudin siramlah tanaman tersebut setiap hari.



baca juga :1 cara budidaya bunga anggrek di dalam pot
                  2 Cara menanam buah naga agar cepat berbuah
                  3 Cara meyetek bunga mawar


Setelah semua langkah-langkah sudah kita lakukan dan cangkokan tersebut sudah bisa hidup di tanah lapang lakukanlah perawatan dan pemupukan agar pohon lebih cepat tumbuh subur dan memiliki buah yang lebat. Jangan lupa juga untuk sesekali lakukan penyemprotan antiseptisida agar buah terhindar dari hama yang merusak.
#salam hangat pencinta indahnya alam

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Jitu Mencangkok Pohon Jeruk Supaya Cepat Berbuah"

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus