Macam-Macam Jenis Tanaman Anggrek Dan Pengelompokan Nya

Anggrek merupakan tanaman bunga hias berupa benalu yang bunganya sangat indah. Tanaman Anggrek sendiri sudah di kenal sejak 200 tahun yang lalu. dan sejak 50 tahun belakangan ini bunga anggrek mulai di budidayakan secara luas di Indonesia.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis bunga anggrek seperti bunga anggrek vanda tricolor terdapat di jawa barat dan kaliurang, Vanda Hookeriana berwarna ungu berbintik-bintik yang berasal dari sumatra.

Sedangkan dari Papua sendiri memiliki beberapa jenis bunga anggrek yang yang sangat indah seperti Anggrek larat (Dendrobium Phalaenopis), anggrek bulan (phalaenopis amabilis), anggrek appel blossom, anggrek paphiopedilun praestans.
bunga anggrek yang cantik

Baca Juga : Cara membudidayakan bunga anggrek

Berdasarkan pola pertumbuhannya tanaman anggrek di bedakan menjadi 2 tipe:

1.Anggrek Tipe Simpodial

Anggrek tipe simpodial adalah anggrek yang tidak memiliki batang utama, kemudian bunga keluar dari ujung batang dan berbunga kembali dari anak tanaman yang tumbuh. Kecuali pada anggrek jenis Dendrobium yang dapat mengeluarkan tangkai bunga baru dari sisi-sisi batangnya.

Contoh dari anggrek tipe Simpodial antara lain: Dendrobium Sp, Cattleya Sp, Oncidium Sp, dan Cymbidium Sp. Anggrek tipe simpodial umum nya bersifat epifit

2.Anggrek Tipe monopolidan

Anggrek tipe monopolidan adalah anggrek yang memiliki ciri-ciri titik tumbuh yang terdapat di ujung batang, serta pertumbuhannya lurus ke atas dan hanya tumbuh pada satu batang. 

Contoh Anggrek tipe monopolidan antara lain: Vanda Sp, Arachnis Sp, Renanthera Sp, Phalaenopsis Sp, dan Arantera Sp.

Berdasarkan habitatnya, tanaman anggrek di bedakan menjadi 4 kelompok:

1.Anggrek Epifit

Anggrek Epifit yaitu anggrek yang tumbuh menumpang pada pohon lain tanpa merugikan tanaman inangnya dan membutuhkan naungan dai cahaya matahari.

Misalnya: Cattleya Sp memerlukan cahaya +40%, Dendrobium Sp memerlukan cahaya 50-60%, Phalaenopsis Sp kurang lebih 30%, Dan Oncidium Sp memerlukan cahaya 60-75%

2.Anggrek Terestrial

Anggrek terestrial adalah anggrek yang tumbuh di tanah dan membutuhkan cahaya matahari langsung. Contoh nya: Aranthera Sp, Renanthera Sp, Vanda Sp, dan Arachnis Sp.

Tanaman anggrek Terestrial sendiri membutuhkan cahaya matahari 70-100% dengan suhu siang berkisar 19-380C, dan malam hari berkisar 18-210C. Sedangkan anggrek jenis Vanda Sp sedikit memerlukan tempat teduh.

3.Anggrek Litofit

Anggrek Litofit yaitu anggrek yang tumbuh  pada batu-batuan, dan tahan terhadap cahaya matahari.
Contoh anggrek jenis ini adalah Dendrobium Phalaenopsis.

4.Anggrek Saprofit

Anggrek Saprofit yaitu anggrek yang tumbuh pada media yang mengandung humus atau daun-daun kering, serta membutuhkan sedikit cahaya matahari. Anggrek jenis ini adalah Goodyera Sp.

Selain dari ke indahannya tanaman anggrek juga memiliki manfaat yang baik untuk kehidupan kita seperti di jadikan nya tanaman anggrek sebagai campuran ramuan obat-obatan serta dapat di jadikan sebagai bahan minyak wangi dan minyak rambut.

Baca Juga: 
Macam-macam jenis hama dan penyakit tanaman serta cara mengatasinya 
Tips dan Langkah-Langkah Untuk Mencegah Hama Dan Penyakit Tanaman

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Jenis Tanaman Anggrek Dan Pengelompokan Nya"

Posting Komentar