Perawatan Yang Harus Di Lakukan Agar Tanaman Dapat Menghasilkan Buah Berkualitas Tinggi

Untuk menghasilkan buah yang memiliki kualitas tinggi, di perlukan perawatan yang intensif dari mulai tanaman berbunga sampai berbuah.

Hal utama yang perlu di lakukan pada saat tanaman mulai berbunga dan berbuah adalah dengan menyirami nya dengan teratur, jangan sampai asumsi yang di perlukan tumbuhan terhambat.

Biasanya bunga akan tumbuh dengan begitu banyak, tetapi sebagian akan rontok karena tidak terserbuki dengan sempurna. kemudian bunga yang tidak rontok akan berkembang menjadi calon buah. Calon buah pun akan bnyak yang rontok dengan sendirinya dan menyisakan calon buah yang kuat dan baik.

Selain penyiraman secara rutin, ada beberapa hal yang harus di lakukan guna untuk menjaga kualitas buah agar tetap terjaga seperti Perompesan atau pembuangan bunga, Seleksi buah, dan pembungkusan buah.

1.Perompesan


Perompesan atau pembungan bunga di lakukan dengan membuang bunga pada pucuk-pucuk ranting yang kecil dan menyisakannya pada bagian cabang dan ranting-ranting yang besar.

Selain itu perompesan juga dengan membuang atau mengurangi sebagian dari segerombolan bunga yang terlalu banyak, agar bunga yang tersisa berhasil menjadi buah. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan bunga menjadi buah. Biasanya perompesan seringkali di lakukan pada tanaman buah belimbing dan durian.

2.Seleksi Buah


Seleksi buah bertujuan untuk menghasilkan buah bekualitas baik dengan bentuk besar dan matang sempurna serta memiliki rasa yang enak.

Seleksi buah ini di lakukan ketika buah masih kecil atau kira kira sebesar jari tangan. Caranya yaitu dengan membuang buah yang bentuknya jelek atau tidak sempurna, buah terserang penyakit dan hama, serta buah yang kecil dalam satu dompolan.

Ketika dilakukan seleksi, sisakan 3-5 buah seiap dompolnya. seleksi buah ini sering di lakukan pada buah belimbing, jeruk, jambu air, jambu biji, mangga  dan sebagainya.


3.Pembungkusan Buah


Pembungkusan buah perlu di lakukan terutama pada buah yang memiliki kulit tipis, seperti jambu air, jambu biji, belimbing dan sejenisnya.

Pembungkusan ini bertujuan untuk melindungi buah dari serangan lalat buah, kelelawar dan hama hama yang dapat merussak kualitas buah lainnya.

Dengan demikian, pembungkusan buah mutlak di lakukan untuk mendapatkan hasil buah yang besar, mulus sempurna tanpa ada ulat atau hama lainnnya.

Pembungkusan buah sebaiknya di lakukan bersamaan dengan pelaksanaan seleksi buah. atau pembungkusan juga dapat di lakukan ketika buah mulai membesar, kira kira sebesar ibu jari kaki.

Pembungkus yang di gunakan bisa berupa koran, kertas semen, atau kantong plastik yang sudah di lubangi bagian bawahnya. hal ini bertujuan untuk mengeluarkan air dri pembungkus agar buah tidak busuk.

Setelah di bungkus, buah bisa di biarkan sampai buah siap untuk di panen. tapi selain itu kita tetap harus rajin rajin mngecek buah tersebut serta mencukupi nutrisi yang di butuhkan.


Baca Juga

Tips Agar Tanaman Rajin Berbuah Serta Memiliki Buah Yang Lebat 
Penerapan manajemen penanaman yang ideal adalah kunci suskses pertanian 
Cara Penanganan masa panen benar 
Cara penangan pasca panen benar


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Perawatan Yang Harus Di Lakukan Agar Tanaman Dapat Menghasilkan Buah Berkualitas Tinggi"

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus